Nama : Ivana Ningrum
Windyastri
NPM : 33112876
Kelas : 1DB09
WEWENANG, DELEGASI, DAN DESENTRALISASI
Pengertian Wewenang
Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau
memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar
tercapai tujuan tertentu.Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor
kritis bagi efektevitas organisasi. peranan pokok wewenang dalam fungsi
pengorganisasian, wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal, dimana manajer
menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.Wewenang formal
tersebut harus di dukung juga dengan dasar-dasar kekuasaan dan pengaruh
informal.
Pengertian Kekuasaan
Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk
mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan. Studi tentang kekuasaan dan
dampaknya merupakan hal yang penting dalam manajemen. Karena kekuasaan
merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, maka mungkin sekali setiap
interaksi dan hubungan sosial dalam suatu organisasi melibatkan penggunaan
kekuasaan. Cara pengendalian unit organisasi dan individu di dalamnya berkaitan
dengan penggunaan kekuasaan. Kekuasaan manager yang menginginkan peningkatan
jumlah penjualan adalah kemampuan untuk meningkatkan penjualan itu. Kekuasaan
melibatkan hubungan antara dua orang atau lebih.
Struktur Lini dan Staf
1. Lini/garis (line
organization)
Suatu bentuk organisasi dimana kepala eksekutif (chief
executive) dipandang sebagai sumber wewenang tunggal, segala
keputusan/kebijakan dan tanggung jawab ada pada satu tangan.
Sifat/ciri-ciri :
1. Organisasi kecil,
2. Jumlah pegawai
sedikit,
3. Pemilik biasanya
menjadi pemimpin tertinggi dalam organisasi,
4. Hubungan kerja
bersifat langsung (face to face relationship),
5. Spesialisasi yang
dibutuhkan rendah,
6. Anggota organisasi
saling kenal mengenal,
7. Tujuan sederhana,
2. Organisasi staf
(staff organisazition)
Adalah suatu organisasi yang mempunyai hubungan dengan pucuk
pimpinan dan mempunyai fungsi memberikan bantuan, baik berupa pemikiran maupun
bantuan yang lain demi kelancaran tugas pimpinan dalam mencapai tujuan secara
keseluruhan (tidak mempunyai garis komando ke bawah/ke daerah-daerah). Staf
yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu yany tugasnya memberi nasehat dan
saran dalam bidang kepada pemimpin dalam organisasi.
Sifat/Ciri-ciri :
a. Organisasi besar
dan kompleks
b. Jumlah karyawannya
banyak
c. Hubungan kerja
yang bersifat langsung tidak mungkin lagi bagi seluruh anggota organisasi
d. Terdapat dua kelompok
besar manusia di dalam organisasi: 1) Line Personal; 2) staff personal yang
melaksanakan fungsi-fungsi staf (staff function)
e. Spesialisasi
yang beranekaragam diperlukan dan dipergunakan secara
maksimal
maksimal
3. Organisasi fungsional (fuctional organization)
Organisasi Fungsional adalah organisasi yang susunannya
berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut, misalnya
fungsi produksi, keuangan, administrasi dn lain-lain. Dalam organisasi ini
seorang tenaga pengajar tidak hanya bertanggung jawab kepada satu atasa saja.
Pada organisasi ini pemimpin berhak memerintahkan semua para tenaga
pengajar/para karyawannya, selama masih dalam hubungan pekerjaan.
Sifat/ciri-ciri :
1. Organisasi kecil
2. Di dalamnya terdapat
kelompok-kelompok kerja staff ahli
3. Spesialisasi dalam
pelaksanaan tugas
4. Target yang hendak
dicapai jelas dan pasti
5. Pengawasan dilakukan
secara ketat
6. Tidak menjamin adanya
kesatuan perintah
7. Hemat waktu karena
mengerjakan pekerjaan yang sama.
Wewenang lini, staf dan fungsional
1. Wewenang lini
Adalah wewenang
dimana atasan melakukannya atas bawahannya langsung. Yaitu atasan
langsung memberi wewenang kepada bawahannya, wujudnya dalam wewenang perintah
dan tercermin sebagai rantai perintah yang diturunkan ke bawahan melalui
tingkatan organisasi.
2. Wewenang staf
Adalah hak yang
dipunyai oleh satuan-satuan staf atau para spesialis untuk menyarankan, memberi
rekomendasi, atau konsultasi kepada personalia ini. Kualifikasi
yang harus dipenuhi oleh orang yang duduk sebagai taf yaitu dengan menganalisa
melalui metode kuisioner, metode observasi, metode wawancara atau dengan
menggabungkan ketiganya.
3. wewenang staf fungsional
Adalah hubungan
terkuat yang dapat dimiliki staf dengan satuan-satuan lini.
Chester Bamard mengatakan bahwa seseorang bersedia menerima
komunikasi yang bersifat kewenangan bila memenuhi:
1. Memahami komunikasi
tersebut
2. Tidak menyimpang dari
tujuan organisasi
3. Tidak bertentangan
dengan kepeningan pribadi
4. Mampu secara mental
dan fisik untuk mengikutinya
Pendelegasian wewenang
Pendelegasian wewenang merupakan sesuatu yang vital dalam
organisasi kantor. Atasan perlu melakukan pendelegasian wewenang agar mereka
bisa menjalankan operasi manajemen dengan baik. Selain itu, pendelegasian
wewenang adalah konsekuensi logis dari semakin besarnya organisasi. Bila
seorang atasan tidak mau mendelegasikan wewenang, maka sesungguhnya organisasi
itu tidak butuh siapa-siapa selain dia sendiri.Bila atasan menghadapi banyak
pekerjaan yang tak dapat dilaksanakan oleh satu orang, maka ia perlu melakukan
delegasi. Pendelegasian juga dilakukan agar manajer dapat mengembangkan bawahan
sehingga lebih memperkuat organisasi, terutama di saat terjadi perubahan
susunan manajemen.
Sentralisasi versus Desentralisasi
Berdasarkan pemikiran di atas, maka kedepan Indonesia harus
melakukan relokasi kekuasaan dari negara ke unit-unit pemerintahan yang lebih
kecil, karena itu sudah merupakan kehendak jaman. Model sentralistis yang
selama diprektekkan oleh pemerintah tidak dapat lagi dipertahankan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar