Struktur utama program COBOL terdiri dari 4 divisi
utama yaitu : IDENTIFICATION DIVISION.ENVIRONMENTDIVISION. DATA DIVISION. PROCEDURE DIVISION.Berikut
ini adalah penjelasan singkat untuk setiap divisi :
- IDENTIFICATION
DIVISION.Dari nama divisi-nya kita dapat menyimpulkan kegunaan dari
divisi ini yaitu sebagaiidentifikasi program COBOL yang kita
buat misalnya nama pembuat (AUTHOR) dan nama program
(PROGRAM-ID). Contoh : IDENTIFICATION DIVISION. PROGRAM-ID. CONTOH.
AUTHOR. SAYA.
- ENVIRONMENT
DIVISION.Divisi ini berguna untuk memberikan informasi peralatan yang
digunakan dalamprogram, dibagi menjadi 2 section yaitu
CONFIGURATION SECTION dan INPUT-OUTPUT SECTION.CONFIGURATION SECTION bersifat optional (boleh tidak
ditulis) yang berisi tentang peralatan hardware yangdigunakan
program. INPUT-OUTPUT SECTION, section ini digunakan untuk
operasi file (akan dijelaskan kemudian). Contoh : ENVIRONMENT DIVISION. CONFIGURATION SECTION. SOURCE-COMPUTER. IBM-PC.OBJECT-COMPUTER. IBM-PC.
- DATA
DIVISION.Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan
jenis tipe data yang digunakan dalam program COBOL. Divisi ini memiliki 5
section yaitu:
1. FILE SECTION.
2. WORKING-STORAGE SECTION.
3. SCREEN SECTION.
4. LINKAGE SECTION.
5. REPORT SECTION.
2. WORKING-STORAGE SECTION.
3. SCREEN SECTION.
4. LINKAGE SECTION.
5. REPORT SECTION.
Diantara 5 section yang disebutkan diatas yang paling sering
digunakan adalah WORKING-STORAGE SECTION,SCREEN SECTION dan
FILE SECTION.
WORKING-STORAGE SECTION digunakan untuk
mendeklarasikan variable dan tipe data yang digunakan dalam
program COBOL. SCREEN SECTION digunakan untuk menentukan format layar tampilan baik input atau output.Dan
FILE SECTION berguna untuk operasi file (akan dijelaskan
kemudian). Contoh :
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
01 MASUKAN.
02 NAMA PIC X(20).
02 NPM PIC X(8). SCREEN SECTION.
01 HAPUS-LAYAR.
02 BLANK SCREEN.
- PROCEDURE DIVISION.Divisi ini merupakan inti dari bahasa pemrograman COBOL karena pada divisi inilahsemua statement instruksi dibuat. Misalnya DISPLAY, ACCEPT dan STOP RUN. DISPLAY di gunakan untukoutput, ACCEPT untuk menerima input dan STOP RUN untuk menghentikan proses program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar